Iman Abram


Kejadian 12:1-9

Saya sangat kagum terhadap apa yang dilakukan Abram ketika Allah memerintahkannya supaya pergi ke negeri yang tidak ia ketahui sebelumnya.

Lalu saya berpikir, jika Allah sudah mengenal 100% pribadi Abram maka tidak demikian dengan Abram, mungkin saja ia belum mengenal dengan baik siapakah Allah itu? Ayat 4 menjadi jawaban atas perintah Allah di ayat-ayat sebelumnya. Alkitab mencatat :”Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya

Saya tertarik dengan kejadian ini karena menilik Kitab Kejadian ini dari zaman dimana saya hidup sekarang, bagaimana sikap kita ketika diminta pergi menuju ke suatu tempat yang tidak kita ketahui sebelumnya? Zaman sekarang sudah banyak alat alat yang bisa dipakai untuk melihat sebuah tempat sekalipun kita belum pernah ke sana. Sebagai contoh adalah Google Map, dengan berbekal Google map kita bisa melihat sepintas gambaran suatu tempat di muka bumi ini sekalipun kita belum pernah ke sana. Tetapi kejadian di atas terjadi pada masa lalu dimana perkembangan teknologi sama sekali belum canggih?

Apa sih yang membuat Abram begitu percaya kepada Allah?

Yang menjadi penggerak Abram sehingga ia mau menjalankan perintah itu adalah karena imannya semata. Abram tidak punya pengalaman sama sekali di dalam melakukan perintah TUHAN tersebut. Alkitab tidak mencatat relasi menonjol apapun sebalum perintah Allah itu diberikan kepada Abram.

Bisa jadi inilah perintah TUHAN yang pertama kali bagi Abram, dan tanpa bertanya ataupun menyelidik maka segera saja ia berangkat menjalankan perintah TUHAN tersebut. Imannya melebihi segala praduga yang bisa saja muncul di benak kita pada masa kini. Jawaban jawaban Tuhan pun kadang-kadang tidak membuat kita percaya penuh kepadanya. Perintah perintah yang jelas pun sering tidak kita lakukan. Kita berdalih-dalih mencari cari “second opinion”. Kadang kadang orang Kristen masih percaya horoskop, ramalan, pendapat dukun dan sebagainya.  Mari kita teladai Abram dalam merespon perintah TUHAN

Saya yakin Allah sudah mengevaluasi Abram sebenar-benarnya sehingga keluar perintah yang tentu saja Allah berpikir bahwa itu akan dilakukan oleh Abram. Demi membentuk sebuah bangsa tentu Allah sudah mempunyai rencana yang masak sehingga DIA tidak salah pilih.

Setidak nya ada 6 point di dalam perintah Allah tersebut. Allah akan :

1. Menjadikan Abram bangsa yang besar
2. Memberkati Abram
3. Membuat nama Abram mashyur
4. Memberkati orag-orang yang memberkati Abram
5. mengutuk orang yang mengutuk Abram
6. Semua kaum di muka bumi diberkati

Marilah kita hidup bukan hanya melihat berkat yang diberikan Allah, tetapi lebih kepada kecintaan dan iman kita kepada Allah. Respon yang positip terhadiap setiap kehendak Allah akan membuat Allah dimuliakan. Karena sesungguhnya rancangan-rancangan DIA adalah yang terbaik bagi kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar