Tips menulis renungan online

Masa pandemi covid19 membuat kita sebagai umat Tuhan banyak merenung apa sebenarnya maksud Tuhan dengan adanya pandemi ini?  Tentu setiap hari kita memerlukan dukungan dari Tuhan agar tetap dapat bertahan di kehidupan yang semkin sulit ini.  Ada orang yang membuat renungan singkat dengan menggunakan tulisan kemudian membagikannya lewat media sosial seperti whatsapp dan sebagainya.  Sebagian lagi membuat renungan audio dengan cara merekam suaranya lalu membagikannya lewat whatsapp dan sebagainya.  Tetapi adapula yang menggabungkan antara suara dan gambar lalu menguploadnya ke Youtube, ini tentu akan memberkati lebih banyak orang lagi.  Namun tidak setiap orang mampu membuat tulisan yang runut dengan logika yang baik sehingga tercapai tujuan pembuatan renungan tersebut.

Kali ini saya ingin mengupas atau memberikan tips bagaimana membuat renungan online yang menjadi berkat bagi kita semua.  Tentu yang saya bagikan saat ini adalah aspek penulisannya, bukan aspek tekniknya. Semoga di lain kesempatan saya bisa bagikan aspek teknisnya. He he he…

Oh ya izinkan saat ini saya memakai satu renungan yang disampaikan oleh Pendeta Tabita Kartika Christiani yang akan menjadi contoh bagi tulisan saya ini. Sekali lagi ini adalah sebuah contoh yang baik untuk kita belajar bersama-sama.

Mari sebelum dilanjutkan, kita lihat bersama-sama tayangan di Youtube ini:


Setelah menyaksikan tayangan tersebut maka kita dapat melihat beberapa bagian penting yang ada di dalam renungan singkat tersebut:

  • Topik : Menjadi sahabat Yesus.
  • Pandangan umum tentang topik tersebut : bagaimana arti/definisi orang secara umum tentang persahabatan.
  • Pandangan Kitab Suci/Yesus tentang topik tersebut: mengambil contoh dari ayat di Alkitab tentang sahabat.
  • Ulasan firman Tuhan secara singkat: menguraikan secara singkat dan lugas ayat tersebut.
  • Contoh dalam kehidupan saat ini: memberi contoh di dalam kehidupan kita sehari-hari
  • Ajakan kepada pendengar/komitmen yang diambil : apa yang Yesus harapkan dapat kita lakukan di masa kini

Urut urutan tersebut dapat teman-teman terapkan untuk berbagai tema /topik yang muncul di benak teman teman.  Tetapi tentu kita memerlukan bantuan buku lain semacam konkordansi agar mempermudah kita menemukan ayat yang mendukung tema tersebut. Tetapi sekarang lebih mudah karena sudah tersedia aplikasi SABDA untuk smartphone kita sehingga kemampuan kita menulis menjadi semakin baik berkat dukungan SABDA.  Dan tulisan atau kesaksian kita juga semakin menjadi berkat bagi orang lain.

Semoga tips ini berguna bagi pembaca semua. Amin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar