Patahnya tulang klavikula - masa pemulihan


Tiba saat saya memeriksakan diri untuk kedua kalinya semenjak pemeriksaan pertama sebulan yang lalu. Saat saya datang ke tempat praktek maka saya diminta oleh dokter untuk rontgen, hasil rontgen di RS Pantirapih bisa ditunggu. Setelah keluar hasilnya maka saya sampaikan ke dokter, dokter berkata bagus. Lalu ia menasihatkan bahwa plat itu tidak harus diambil.  Namun jika saya menghendaki untuk diambil maka ia akan mengoperasinya minimal setahun lagi. Jadi lebih tenang saya mendengarnya. Diberikannya saya vitamin ossoral 800 untuk sebulan plus citrol juga untuk sebulan. Dokter menasihatkan bahwa perlu sebulan lagi untuk saya agar dapat menahan beban tubuh disaat bangun pagi atau bangkit dari tempat tidur.

Lalu hal terpenting yang harus dilakukan selama masa pemulihan adalah tetap melatih otot otot lengan. Karena jika tidak dilatih maka otot menjadi memendek atau mengkerut, ini berakibat sakit yang luar biasa ketika akan dipergunakan beraktivitas kembali. Latihannya cukup peregangan peregangan saja. Lakukan peregangan setiap kali ada waktu, terutama pada waktu pagi, sebab setelah semalaman tidak dipergunakan maka seringkali dipagi hari otot berasa lebih kaku.

Memasuki bulan ke dua mulai bisa memakai kaos atau T shirt, sehingga ketergantungan memakai hem lengan pendek menjadi berkurang. Jadi bisa kembali beraktivitas memakai tangan kanan. Mematikan saklar lampu, mengambil minum dengan gelas, menggantungkan handuk pada gantungan, membuka dan menutup pintu mobil meski harus perlahan dan jangan menghentak. Oh ya untuk mendekap gulingpun baru setelah hari ke tujuh puluh bisa saya lakukan, sebelumnya saya hanya tidur terlentang sepanjang malam. Ingin miring saya takut menindih tangan saya sendiri.

3 komentar:

  1. wahh kasusnya sama nih om kayak saya fraktur clavicula kanan..
    tulisannya bagus om sangat mnarik..saya yg baca jd bersemangat sembuh>>hehe

    sbelumnya sya jg dipasang pen 1 bln lalu..kira" kapan ya boleh bawa motor lg mnurut pngalaman om? :)
    tks :)

    BalasHapus
  2. nanti kalau mau aman ya 5 bulan setelah pemasangan, jangan lupakan untuk melatih ototnya. Semangat Mas, jangan khawatir, pengobatan dan kedokteran kita sudah bagus.

    BalasHapus
  3. Makasih room sdh berbagi kisahnya, saya sdh operasi clavicula bahu kiri, kata dokternya patah dan hancur, dokter mengambil sum sum di bawah lutut untuk menambal tulang yg remuk, sekarang nyeri sdh tdk terasa, yg terasa sekarang kaku dan berat di bahu kiri bekas operasi, normal gak yah.., ? Saya sdh bisa mengangkat tangan 45°, kapan yah bisa kembali normal lagi, pengen nggaruk lagi bagian tubuh belakang ? Apa bener kata orang bahwa gak akan bisa kembali spt saat sebelum patah ? Usia saya sih masuk 32thn. Mohon diinfokan kondisi Oom skrng pasca operasi, thanks Oom semoga mau berbagi dan sukses selalu...

    BalasHapus