Nasi timbel ala Bandung, di kota Gudeg


Ngobrolin kuliner nggak ada matinya, di kota Gudeg ini ada banyak pilihan menu yang bisa memanjakan indra pengecap Anda.  Meski Gudeg tentu menjadi pilihan utama, namun bagi saya yang sudah berpuluh puluh tahun tinggal di Jogja, maka menu menu dari luar kotapun acapkali menjadi pilihan saya. Terutama dalam memenuhi kebutuhan sarapan saya. Kali ini saya menelusuri seputaran Pasar Patuk Jogjakarta. Pasar ini kerap disebut dengan pasar Cina karena banyak pembelinya berasal dari etnis Cina, namun bukan berarti menjadi pasar yang ekslusif. Kedekatannya dengan kampung Pajeksan dan Gandekan yang dikenal sebagai Chinatown nya Jogja membuat Pasar ini menjajakan aneka keperluan untuk sembahyang adat Cina, semacam Kue Ku, Wajik, Sayur Asin dan sebagainya.
Namun ooops saya sendiri pengen menginformasikan bahwa didekat pasar ini, di sebelah selatan nya, berhadapan dengan lokasi parkir sepeda motornya.  Ada sebuah kedai makan yang menyajikan aneka hidangan lezat. Ini nih diantaranya : siomay rebus dan goreng, soto tauco non MSG, nasi timbel, nasi bakmoy, bakmi ayam.
Kali ini saya menjajal nasi timbelnya: isi nasi, ayam, sayur asem, ikan asin, tahu goreng, sambel Mantap banget deh. Menyantap hidangan nasi timbel ditengah riuhnya orang orang berlalu lalang keluar masuk pasar membuat suasana yang berbeda. Harganya sangat terjangkau, cocok untuk sarapan karena sudah siap sebelum jam 7 pagi. Oh ya setiap hari senin kedai ini tutup.
Lokasi pasar Patuk adalah terletak di Jalan Bhayangkara Jogja. Kalau dari Malioboro arah utara, dapatkanlah Mirota Batik/Hamzah batik belok ke kanan terus mentok ( ada Gereja GKI disana ), Anda belok kanan naah ini sudah Jalan Bhayangkara namanya, terus aja sekitar 200 meteran di kanan jalan ada Pasar namanya pasar Patuk, parkirlah mobil disekitar pasar. Anda dapat berjalan kaki menuju kedai tadi, berjalanlah ke arah timur atau belok kanan dari jalan Bhayangkara menelusuri tepi pasar Patuk. Semoga cocok menunya dan pas dengan lidah dan kantong kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar