Bagaimana mengisi tulisan di Blog?



Yang sering ditanyakan blogger baru adalah “ darimana saya mendapatkan sumber tulisan?”. Sumber tulisan bisa diperoleh dari dua sumber : diri sendiri dan sumber luar. Diri sendiri adalah berdasarkan pengalaman pribadi, menurut saya ini salah satu yang sangat disukai oleh Google, Google punya keinginan mendorong seseorang berbagi pengalamannya kepada sesama pemakai internet. Tujuannya pasti yaitu menambah pengetahuan dan wawasan yang akan mencerdaskan para pembacanya.  Pengalaman ini misalnya saja : pengalaman memasak, memperbaiki mobil, memelihara anak, mengurus surat surat, memperbaiki komputer, memakai produk tertentu, memotret yang baik, menulis cerpen, tertimpa musibah, masuk penjara waaah banyak sekali bukan?
Berikutnya adalah sumber dari luar, ini bisa didapat dari media lain seperti : televisi, televisi digital, televisi kabel, website, radio, majalah, suratkabar, buku buku, nara sumber lain berupa wawancara, seminar, workshop dan sebagainya. Semua itu bisa menjadi sumber inspirasi penulisan dalam blog. Saran saya tulislah dengan bahasa kita sendiri. Agar tidak mempunyai kesan menjiplak, menulis dengan bahasa sendiri itu artinya kalian sudah membaca terlebih dahulu tulisan sumber tersebut. Berbeda dengan copy paste yang asal mengkopi apa adanya dari sumber lalu menaruhnya kedalam blog. Kalau bisa berbahasa asing adalah lebih baik membaca dari buku berbahasa asing atau web berbahasa asing semisal Inggris, Belanda, Jerman, Cina, Arab, Perancis dan sebagainya.  Ini bertujuan mencerdaskan para pembaca blog kita, artinya sebagai blogger kita juga memberi kontribusi bagi orang lain agar menjadi lebih tahu.
Biasanya blogger menulis dengan mengkombinasikan dua cara diatas, pengalaman yang diperoleh dituliskan kemudian dikuatkan oleh buku atau referensi lainnya agar tulisan tersebut menjadi lebih kuat dan bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar